Pages

Selasa, 12 November 2013

PONDASI BATU KALI

PONDASI BATU KALI

1. Susunan material pada pondasi batu kali
     a.  Lapisan tanah dasar
Lapisan pasir yang dipadatkan setebal 5-10cm, berfungsi sebagai drainase untuk mengeringkan air tanah yang terdapat di sekitar badan pondasi.
    
     b.  Aanstamping / Pas. batu kosong
Lapis atas pasir dasar, terbuat dari batu kali berdiameter sekitar 10-15cm, disusun tegak dan rapat tanpa adukan, disela-selanya diisi pasir yang disiram air laludipadatkan sehingga tidak ada rongga kosong. Berfungsi sebagai lantai kerja dan drainase untuk mengeringkan air tanah yang terdapat di sekitar badan pondasi.

     c.  Badan pondasi 
Dibuat dari pas. batukali dengan perekat camp. 1pc:3ps. Menyusun batu kali pada badan pondasi tidak boleh ada siar segaris vertikal maupun horizontal. Untuk memudahkan pemasangannya, batu pada bagian tepi harus dibuat lebih tinggi daripada batu pada bagian tengah. Posisi ini juga akan mencegah campuran melimpah terlalu banyak keluar badan pondasi.


     d.  Sloof beton 
Berupa beton bertulang dengan campuran 1pc:2ps:3kr di atas sepanjang pondasi. Berfungsi untuk menyalurkan beban dari dinding tembok di atasnya agar terbagi rata di sepanjang pondasi. 


     e.  Dinding dengan perekat trasram 
Tingginya sampai 20-30cm di atas permukaan lantai. Fungsi untuk mencegah merembesnya air tanah naik ke dinding sehingga dinding menjadi rusak. Untuk km/wc tinggi dinding trasram 150cm.


     f.  Lapisan pasir di bawah lantai
Berupa urugan pasir setebal 15-20cm yang dipadatkan. Berfungsi untuk mencegah pecahnya lantai akibat penyusutan tanah di bawahnya.


     g.  Beton tumbuk
Fungsinya untuk menjaga agar lapisan lantai tidak pecah dan turun secara merata. Tebalnya sekitar 3-5cm. Terbuat dari pas. 1pc:3ps:6kr


     h.  Lantai keramik
Dipasang dengan perekat camp. 1pc:3ps

      i.  Tanah urug
Dipasang dengan perekat camp. 1pc:3ps

      j.  Kemiringan galian tanah
Perbandingan kemiringan 5:1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar